Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja dan Ketersediaan Lowongan Pekerjaan di Indonesia

Photo by Eric Prouzet on Unsplash

Proses pembangunan dan perkembangan negara Indonesia senantiasa membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan kualifikasi tertentu. Berbagai lapangan pekerjaan terbuka setiap waktu di seluruh Indonesia, tetapi hal tersebut tidak selalu sebanding dengan jumlah pencari pekerjaan yang jauh lebih banyak dibandingkan kuota yang tersedia. Masalah ketenagakerjaan di Indonesia tidak hanya itu saja, tidak sebandingnya persyaratan pelamar pekerjaan antara SMA/SMK Sederajat dengan bangku perkuliahan serta persebaran lowongan pekerjaan yang tidak merata juga menjadi salah satu masalah utama ketenagakerjaan di Indonesia.

Maka dari itu, untuk melihat bagaimana berbagai perusahaan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia, kami menganalisis data iklan lowongan kerja dari salah satu situs job portal yang populer di Indonesia. Dengan adanya infografis ini diharapkan agar masyarakat dapat mempersiapkan keperluan apa saja yang harus dipersiapkan dalam usaha mendapat pekerjaan.

Berdasarkan grafik tersebut, jika dibandingkan dengan seluruh kualifikasi pendidikan, kebanyakan perusahaan menetapkan minimal pendidikan berupa Diploma dan Sarjana ke atas. Sementara ketersediaan lowongan kerja bagi SMA/SMK sederajat sangat sedikit.

Dari seluruh iklan lowongan kerja sebanyak 31.596, mayoritas perusahaan memberikan persyaratan pengalaman kerja minimal 0–1 tahun.

Industri Perusahaan & Kebutuhan Spesialisasi Lowongan Kerja

Dari kedua grafik di atas, dapat disimpulkan jika mayoritas industri perusahaan serta kebutuhan spesialisasi yang dicari memiliki kualifikasi pendidikan rata-rata untuk masyarakat telah berhasil menyelesaikan studi dari bangku perkuliahan. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan dari bangku SMA/SMK Sederajat, terlihat masih sangat kurang untuk spesialisasi yang dibutuhkan serta sedikitnya industri perusahaan yang membuka iklan lowongan kerja.

Melihat Persebaran Lokasi Lowongan Pekerjaan

Persebaran lokasi lowongan pekerjaan yang tidak merata serta persebaran ukuran perusahaan yang hanya terdapat di kota-kota besar Indonesia menjadi salah satu alasan sulitnya mendapat pekerjaan di Indonesia.

Sesuai dengan grafik di atas, terlihat bahwa ukuran perusahaan mulai dari yang terkecil yaitu 1–50 pekerja hingga terbesar yaitu lebih dari 5000 pekerja, mayoritas berlokasi di DKI Jakarta. Dengan mayoritas perusahaan hanya berlokasi di satu tempat, menjadikan lowongan pekerjaan yang tersedia hanya berpusat di satu tempat saja.

Grafik di atas menunjukkan jika, dari 31.596 lowongan pekerjaan yang tersedia pada website Jobstreet.com, sebanyak 14.220 lowongan berlokasi di DKI Jakarta atau hampir 50% dari keseluruhan lowongan. Dengan persebaran lokasi lowongan kerja yang tidak merata menjadikan para pencari pekerja dari daerah lain, lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan iklan lowongan kerja.

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa persebaran info lowongan kerja belum merata. Saat ini media digital dapat menjadi alternatif bagi penyedia kerja untuk menjaring calon pekerja dengan jangkauan lebih luas.

Pencari kerja perlu menyiapkan diri dengan kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan oleh pemberi kerja, disesuaikan dengan minat dan bakat. Tingkat persaingan antara pencari kerja pun dapat dilihat lebih jelas.

Referensi

--

--

Inspiring The World with Data www.datains.id

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store